Kelebihan Dan Kekurangan Telephone Satelite

Husamal - Untuk kalian para traveller ataupun hiker pasti akan sulit mendapat sinyal saat diatas gunung atapun ditengah hutan. Apalagi di Indonesia ini signal belum merata sampai ke desa, hanya operator tertentu aja yang bisa. 
Ini solusi yang tepat bagi kalian para traveller dan hiker agar bisa menggunakan telepon dimanapun dan kapanpun selama battery masih. wkwkwk

Cara kerja telepon satelit sesungguhnya mirip dengan telepon selular biasa. Jika telepon biasa memantulkan sinyalnya pada menara Base Tranceiver Station (BTS) dan kemudian diteruskan ke telepon lain, maka begitupula dengan telepon satelit. Bedanya, tentu saja, BTS telepon satelit ada di luar angkasa.

Ketika melakukan panggilan, telepon akan melakukan proses pencarian satelit terdekat dan mengirimkan informasi tersebut. Nah, satelit tersebut akan menerima dan mengirimkan panggilan ke mesin penerima di tanah yang paling dekat, dikenal sebagai gateway. Gateway inilah yang mencoba meneruskan panggilan. Dalam beberapa kasus (biasanya karena jarak yang membentang antara penelepon dan penerima), gateway tidak dapat langsung melacak dan meneruskan panggilan melalui jaringan telepon yang ada. Jika hal ini terjadi, ia akan mengrimkan kembali sinyal tadi ke satelit terdekat, yang kemudian diteruskan ke gateway lain yang memungkinkan untuk menerima panggilan. Hal ini bisa memakan waktu, tergantung seberapa besar jarak lokasi penelepon dan penerima.

Penjelasan tadi hanya terdengar rumit, tetapi sebetulnya mirip dengan kegiatan menelepon biasa. Nah, lantas apa saja manfaat telepon satelit? Yang jelas, ia bisa berfungsi ketika telepon-telepon berjaringan GSM tidak berdaya – ingat soal BTS di luar angkasa tadi? Keuntungan lain adalah telepon jadi tidak mudah terputus oleh kendala cuaca dan bencana alam, dapat menjangkau daerah-daerah ekstrim seperti tengah hutan dan samudra, dapat menjangkau jarak yang jauh dalam waktu relatif singkat, serta secara fisik lebih kuat dan tahan terhadap guncangan.

Namun, telepon satelit bukannya tanpa celah. Kekurangan yang dimiliki oleh telepon ini antara lain: biaya operasional yang dikeluarkan operator telepon sangat besar - sehingga penyedia hanya sedikit, beban biaya yang dikenakan pada konsumen lumayan tinggi, ukuran telepon relatif gede (ada yang beratnya mencapai dua kilogram), serta hanya dapat digunakan di luar ruangan (jangkauan satelit tidak dapat menembus ruangan, kecuali Anda memasang antena di tempat terbuka).

Jadi ini adalah solusi bagi kalian yang suka travelling dan hiking, ini juga bisa mengantisipasi ketika kita tersesat agar bisa langsung menghubungi orang.

Buat harga jangan ditanya ya pasti sangat mahal hehe. cari aja di google dan jangan balik kanan kalo ngerti harganya segitu. kwkwk
Tambahan nih teleponya yang ada di indonesia:
1. Byru http://www.byrusatellite.com/





0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Telephone Satelite"

Post a Comment